Rabu, 18 Januari 2023

cara menanam tanaman sayuran toge dengan mudah dan praktis

Cara Menanam Tanaman Sayuran TOGE dengan Mudah dan Praktis


    Toga atau disebut juga dengan TOGE (Vigna unguiculata) merupakan jenis tanaman sayuran yang termasuk dalam keluarga Leguminosae. Tanaman ini dikenal dengan nama lain seperti kacang toge, kacang kulit, atau kacang kecambah. Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai jenis tanah dan iklim, namun lebih cocok untuk tanah berpasir atau berlempung. 

    Toga memiliki batang yang berdaging dan dapat mencapai ketinggian sekitar 1-2 cm Daunnya berwarna hijau dan berbentuk lonjong. Bunga toga berwarna putih atau kuning dan mengeluarkan bau yang harum. Toga memiliki buah berbentuk kacang yang berwarna coklat atau hitam dan dapat digunakan sebagai bahan makanan. Toga dikenal sebagai sumber protein yang baik dan dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti sayur toge, tauco, atau tauge.

simak cara menanam tanaman sauyran toge dengan mudah dan praktis :

Menanam tanaman sayuran toge cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, baik pemula maupun yang berpengalaman. Berikut adalah cara mudah menanam toga:

1. Persiapkan tanah yang baik untuk tanaman toga. Tanah yang baik untuk toga adalah tanah yang bersifat lembab, bergizi, dan memiliki drainase yang baik.




2. Tanam biji toga dalam jarak sekitar 10-15 cm satu sama lain. Biji toga dapat ditanam di lahan yang ditumbuhi rumput atau di taman belakang rumah.


3. Setelah biji toga tumbuh menjadi tanaman muda, tunggu hingga tanaman mencapai ketinggian sekitar 15-20 cm sebelum diolah lagi.

4. Tanam toga dalam jarak sekitar 30-50 cm satu sama lain.

5. Pastikan tanaman toga mendapat cukup air dan sinar matahari. Tanaman toga memerlukan cukup air setiap hari, terutama saat musim kemarau.

6. Setelah beberapa minggu, buah toga akan siap untuk dipanen.

7. Jangan lupa untuk memberikan pupuk pada tanaman toga secara teratur, itu akan membuat tanaman menjadi lebih subur dan produktif.




Nah Itu adalah cara mudah menanam tanaman sayuran toga, semoga berhasil dan menghasilkan buah yang sehat dan bergizi.,,

simak dan baca  juga cara menanam :



Tidak ada komentar:

Cara Mudah Budidaya Sayuran Terong Cina

Cara Mudah Budidaya Sayuran Terong Cina      T erong Cina (Solanum melongena) adalah jenis terong yang berasal dari Asia dan digunakan dala...